Sabtu, 28 Januari 2017

Aga: menyadari akan pentingnya peran bahasa sebagai identitas.




“Wawasan kebahasaan dan kultural semakin luas, mendapat banyak ilmu dan pengalaman yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari, dan menyadari akan pentingnya peran bahasa sebagai identitas.”
Ungkapan tersebut dikemukakan oleh seorang Duta Bahasa Pelajar yang kini melanjutkan pendidikan Sarjananya di Republik Ceko, dialah Abdul Ghani Aziiz sang Juara Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2012 saat dimintai kesannya menjadi seorang Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat. Pria kelahiran Bandung, 02 Oktober 1996 ini biasa dipanggil dengan nama Kang Aga, Kang Aga mendaftarkan diri menjadi Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2012 saat dirinya masih bersekolah di SMAN 6 Bandung. Keberanian Kang Aga untuk mencoba berkompetisi menjadi Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat telah membuka jalan dirinya untuk memperoleh berbagai pengalaman baru. Kang Aga dapat dikatakan merupakan salah satu Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat yang berprestasi hingga ke tingkat Internasional. Salah satu pencapaiannya adalah terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Republik Ceko pada tahun 2014-2015. Beberapa pencapaian prestasi Kang Aga lainnya adalah,
1. Peserta Konferensi Anak Internasional TUNZA 2011,
2. Juara 1 putra Duta Remaja BKKBN Kota Bandung 2013

Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat memberikan banyak jalan bagi dirinya untuk mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru. Sebagaimana diungkapkan diatas, Kang Aga terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Republik Ceko namun hal itu perlu suatu pengorbanan yang tidak sedikit, Kang Aga harus rela dirinya tertinggal dari rekan-rekan seangkatannya karena mengikuti pertukaran pelajar ini karena dirinya berkeyakinan bahwa pengalaman lebih berharga. Pengorbanan Kang Aga akhirnya membuahkan hasil yang manis, pada tahun 2016 Kang Aga resmi dinyatakan sebagai Mahasiswa di salah satu universitas pada negara dimana dirinya melakukan pertukaran pelajar, Republik Ceko. Saat ini Kang Aga terdaftar sebagai Mahasiswa pada Palacky University di Kota Olomouc, Republik Ceko.
Selain banyak menorehkan prestasi, pria yang memiliki hobi wisata kuliner, jalan-jalan dan membaca ini pun aktif dalam berbagai kegiatan organisasi di Republik Ceko, diantaranya:
1.  Relawan Bina Antarbudaya 2013-2016,
2. Relawan AFS Ceko 2014-sekarang,
3. Relawan Youth Included-Refufest Praha 2016-sekarang
Terkait dengan upaya pemertahanan Bahasa Daerah, Kang Aga mengungkapkannya dengan mengutip kata-kata dari Sahrunizam Abdul Talib, yakni “Hayat bahasa di akal bangsanya, ajal bahasa di keris bangsanya”

Ayo ikuti pemilihan Dubas Pelajar 2017 dan jadilah ikon pelajar peduli Bahasa selanjutnya!  (Abdul Ghani Aziiz, Juara 1 Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2012)

---------------------------------------
Segera daftarkan dirimu dengan mengisi formulir melalui tautan bit.ly/dubas2017 dan lengkapi persyaratannya

1 komentar:

  1. Assalamualaikum
    senang sekali saya bisa menulis kisah nyata kami
    dan berbagi kepada teman-teman disini.

    Meski hidup dalam keprihatinan, karena hanya mengandalkan penghasilan dari jual gorengan, namun rumah tangga kami terbilang harmonis. Jika berselisih paham, kami selalu menempuh jalan musyawarah. Hal itu wajib kami terapkan untuk menutupi aib dan segala bentuk kekurangan yang ada dalam rumah tangga kami agar tidak terdengar oleh orang luar. Karena begitulah pesan dari para orang tua kami.

    Hari demi hari aku habiskan hanya untuk bekerja dan bekerja. Hal itu aku lakukan, selain sadar akan tanggung jawabku sebagai orang tua , juga ingin menggapai harapan dan cita cita. Yah, mungkin dengan begitu ekonomi keluargaku dapat berubah dan aku bisa menyisihkan sedikit uang penghasilanku itu untuk masa depan anak-anakku dikemudian hari. Namun semua itu menjadi sirna.

    Selanjutnya kami pun melangkah untuk mencobanya minta bantuan melalui dana gaib tanpa tumbal,alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan.

    Jalan ini akan mengubah kemiskinan menjadi limpahan kekayaan secara halal dan tidak merugikan orang lain.

    Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami,
    saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami.
    Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan hubungi
    Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    Supaya lebih jelas kunjungi blog

    KLIK DISINI

    BalasHapus