Jumat, 27 Januari 2017

Putri: Saya bangga bisa menjadi bagian dari Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat





“Setelah saya mengikuti duta bahasa pelajar saya memasuki lingkungan baru dimana banyak sekali orang yang berprestasi dan semangat untuk mempertahankan, melestarikan dan membudayakan Bahasa Indonesia. Hal tersebut memberi motivasi bagi saya untuk lebih mencintai Bahasa Indonesia. Saya pun mendapatkan banyak pengalaman baru seperti melakukan siaran di radio, mengikuti berbagai macam aktivitas bahasa dan masih banyak lagi. Saya juga mendapatkan banyak sekali teman diberbagai bidang dan membuka banyak jaringan bagi saya untuk melakukan hal yang baru seperti mengikuti kegiatan pertukaran pelajar. Saya bangga bisa menjadi bagian dari Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat.”

Ungkapan tersebut dikemukakan oleh seorang mojang cantik yang bernama lengkap Putri Talitha Wasantari. Mojang kelahiran Bandung, 21 Oktober 1996 ini biasa dipanggil dengan nama Teh Putri, Teh Putri masih menjadi pelajar di SMA Negeri 1 Garut saat mengikuti ajang Pemilihan Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat pada tahun 2012. Keputusan Teh Putri untuk mengikuti ajang ini kemudian mengantarkan dirinya menjadi Juara 1 Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2012.
Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat memberikan banyak pengalaman bagi dirinya untuk memperdalam Bahasa Indonesia serta aktivitas kebahasaan lainnya. Selain itu, Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat telah memperluas jaringan pertemanannya untuk meraih prestasi lainnya. Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung (Polban) ini telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan diantaranya,
1.      Mojang Pinilih Kabupaten Garut 2012
2.      Juara 1 Duta Bahasa Pelajar 2012
3.      Juara 2 Lomba Tari Tradisional se-Kab. Garut OSN 2012
4.      Mojang Harapan 3 Jawa Barat 2013
5.      Mojang Intelegensia Jawa Barat 2013
6.      Partisipan Student Cultural Exchane to Wuhan, China 2014
7.      Mahasiswa Berprestasi Polban 2014
8.      Juara 2 Duta Polban 2014

Selain banyak menorehkan prestasi, Teh Putri pun aktif dalam berbagai kegiatan organisasi, diantaranya:
1.      Himpunan Mahasiswa Akuntansi
2.      Ikatan Duta Bahasa Jawa Barat
3.      Paguyuban Mojang Jajaka Kab. Garut
4.      Paguyuban Mojang Jajaka Jawa Barat 

Mojang Garut yang memiliki hobi Travelling, Renang, dan Internet Surfing ini mengakui bahwa lingkungan keluarga besar Duta Bahasa Jawa Barat yang diisi oleh orang-orang yang memiliki prestasi di bidangnya masing-masing telah menjadi inspirasi dan motivasi dirinya untuk terus menorehkan prestasi dimanapun dia berada.
Terkait dengan upaya pemertahanan Bahasa Daerah, Teh Putri mengungkapkannya dengan menggunakan Bahasa Sunda sebagai salah satu bahasa daerah di Jawa Barat, yakni “Ulah sieun disebut urang kampung bau lisung pedah nyarita ku basa sunda malah kudu sabalikna, urang kudu ngarasa reueus sabab geus ngamumule budaya karuhun.” 

Dengan mengikuti duta bahasa pelajar tidak hanya pengalaman saja yang didapatkan tapi juga pertemanan baru, wawasan baru, dan timbulnya rasa bangga, cinta, dan nasionalisme terhadap NKRI. Juga semakin memperluas peluang untuk melakukan banyak hal yang baru seperti pertukaran pelajar ke luar negeri, maupun menjadi penyiar radio atau news anchor. Maka dari itu ayo ikut duta bahasa pelajar sekarang juga!
(Putri Talitha Wasantari, Juara 1 Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2012)


---------------------------------------
Segera daftarkan dirimu dengan mengisi formulir dan melengkapi persyaratan melalui tautan bit.ly/dubas2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar